Selasa, 19 April 2016

Scania bisa dibilang unggul dalam hal ini..
Berikut foto Dashboard dalam balutan body karoseri Laksana :
Scania K360 IB Dashboard
Abaikan bentuk dashboard, karena itu karya dari karoseri sehingga terlihat serupa dengan tambahan lapisan wood panel. mari kita fokus pada Perneling,Cluster inikator dan speedometer, serta setir, tampak scania jauh lebih terasa aura mewahnya.. satu poin lebih buat scania. Karena disini mercedes kurang memberikan sedikit detail pada setirnya.. logo mercedes hanya sekedar cat warna putih saja.. bukan menggunakan emblem chrome seperti khas mercedes… walau sepele tapi ini mampu menambah aura kemewahan bila mercedes mau mengaplikasinya. Keunggulan dan Spesifikasi Mesin Scania, tapi di sini saya akan membahas mesin bus Scania
Keungggulan Mesin Scania:
1836 interior
1.     Saat tanjakan akan terasa enteng
2.     Menurut saya suspensinya berasa mental-mentul :v Kalo gak percaya nih linknya. https://www.youtube.com/watch?v=r2F0PpvHaR4 dan https://www.youtube.com/watch?v=JzdQQ-sET6k
3.     Kalo kecepatan bus sudah melewati 100-110km/jam akan berbunyi alarm, alarm dipasangkan agar peringatan bus sudah berkecepatan di luar batas
4.     Suara mesin bus tidak terlalu bising, sehingga nyaman untuk supir dan penumpang
5.     Penggunaan Electronic Breaking System (EBS), Scania Retarder dan Traction Control (TC) yang memberikan keamanan dalam kemudi
6.     Perpindahan gigi pada Scania menggunakan Opticruise Scania sehingga lebih nyaman dan mengurangi keausan pada kopling
7.     Sebuah mesin baru yang kuat dengan torsi tinggi pada putaran rendah dan hemat pada bahan bakar
8.     Penggunaan Fully-adjustable steering wheel untuk meingkatkan kenyamanan pengemudi, memberikan serasa seperti mobil
ENGINE
13 liter DC13 108 EURO 3
4-stroke 6-silinder in-line, 4-katup per silinder, turbo-dibebankan,
Intercooler, Scania PDE injeksi (terpisah elektromagnetik
dikontrol Unit injector) dan udara bersih.
maksimum output
265 kW (360 hp) @ 1900 r / min
Torsi Maksimum
1750 Nm @ 1.000 - 1.350 r / min
Dilengkapi dengan:
Cruise Control
Kecepatan Limiter
Mesin sentrifugal minyak bersih


GEARBOX
GR875R, 8-speed Scania Opticruise dengan kick-
gearbox.
RETARDER
Scania Retarder - otomatis dan kontrol manual.


CENTRAL GEAR
R660, gigi rasio 2,73.

COOLING SISTEM

Hidrolik didorong, temperatur - diatur kipas pendingin pada suhu 80 ° C.

FUEL SYSTEM
310 liter tangki polyethylene, bahan bakar chassis saringandipasang dengan air
pemisah.

Rem dan KESELAMATAN
Rem cakram pada as roda depan dan belakang, rem udarapenuh dengan independen
sirkuit, untuk sirkuit depan, belakang & parkir, denganmengikuti sebagai standar:
- Dikontrol secara elektronik Anti-lock Braking System (EBS)
- Traction Control (TC)
- Interlock katup dengan rem parkir
- Asbes bebas lapisan
- Bukit-hold function
AIR DRYER
Kapasitas tinggi pengering udara dengan kontrol kompresorcerdas dan minyak
pemisah.

SUSPENSI
Depan (2) dan belakang (4) udara bellow dengan peredam kejut tugas berat. anti-
menggulung bar pada kedua as roda.

STEERING
Hydraulic didukung. Kemudi sepenuhnya disesuaikan rodakolom, dengan udara
didukung mekanisme penguncian. Drive tangan kanan.

KEBAKARAN ALARM SENSOR
3 (tiga) sensor alarm kebakaran terletak di kompartemen mesin.
LISTRIK SISTEM
Alternator: tugas berat 150A 150A +
Master Switch: Terletak di baterai
Baterai: 2x 220 Ah kapasitas (Maintenance Free)

INSTRUMENT GAUGES
Speedometer km / h, r / min meter; tekanan udara, bahan bakar, suhu;
LCD multi-display panel, mulai tombol fungsi individu denganberhenti mesin
permintaan kembali, otomatis pada tingkat indikator arahdengan tombol untuk
kaca depan mencuci.

BAN DAN RIMS
295/80 R22.5 ban tubeless pada 9.00x22.5 rims di depan danbelakang dengan
cadang, percikan penjaga, depan dan belakang penutup hub.

LAIN-LAIN
AC braket pada chassis dengan tensioner dan pulleytambahan untuk
AC kompresor drive.
UMUM
Beban gandar depan (Max): 7.500 kg
Poros belakang beban (Max): 12.000 kg
Kendaraan Berat kotor: 19.500 kg

DIMENSI
Poros jarak (A): 6.000 mm (variabel)
Overhang depan (I): 2.500 mm
Rear overhang (J): 3.290 mm
Chassis Panjang: 11.790 mm 
​​(variabel)
Chassis Lebar: 2.500 mm


     mesin MERCEDES - BENZ
 ags: , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

als 1836
Walaupun rasanya agak telat, namun penulis rasa masih sangat menarik untuk dibahas… kini bus – bus kelas intercity/coach semakin menonjolkan sisi power sebagai pemuas keinginan para konsumen. Karena jujur saja… era telah bergeser.. dahulu bus hanya dianggap sebagai moda transport yang mampu mengangkut penumpang dalam jumlah banyak, bahkan pabrikan dengan ala kadarnya membuat bus bermodalkan chassis truk. Bisa dibayangkan bukan?😀 , ok masuk ke pokok bahasan.. medium-high power bus yang kebetulan memiliki spesifikasi yang “mirip – mirip” Scania K360 IB vs Mercedes Benz 1836
1836 pelangi
Mercedes-Benz OH 1836 Punya Putra Pelangi🙄

Tidak ada komentar:

Posting Komentar