Berikut foto Dashboard dalam balutan body karoseri Laksana :
Abaikan bentuk dashboard, karena itu
karya dari karoseri sehingga terlihat serupa dengan tambahan lapisan
wood panel. mari kita fokus pada Perneling,Cluster inikator dan
speedometer, serta setir, tampak scania jauh lebih terasa aura
mewahnya.. satu poin lebih buat scania. Karena disini mercedes kurang
memberikan sedikit detail pada setirnya.. logo mercedes hanya sekedar
cat warna putih saja.. bukan menggunakan emblem chrome seperti khas
mercedes… walau sepele tapi ini mampu menambah aura kemewahan bila
mercedes mau mengaplikasinya. Keunggulan dan Spesifikasi Mesin Scania, tapi di
sini saya akan membahas mesin bus Scania
Keungggulan Mesin Scania:
1.
Saat
tanjakan akan terasa enteng
2.
Menurut
saya suspensinya berasa mental-mentul :v Kalo gak percaya nih linknya. https://www.youtube.com/watch?v=r2F0PpvHaR4
dan https://www.youtube.com/watch?v=JzdQQ-sET6k
3.
Kalo
kecepatan bus sudah melewati 100-110km/jam akan berbunyi alarm, alarm
dipasangkan agar peringatan bus sudah berkecepatan di luar batas
4.
Suara
mesin bus tidak terlalu bising, sehingga nyaman untuk supir dan penumpang
5.
Penggunaan
Electronic Breaking System (EBS), Scania Retarder dan Traction Control (TC)
yang memberikan keamanan dalam kemudi
6.
Perpindahan
gigi pada Scania menggunakan Opticruise Scania sehingga lebih nyaman dan
mengurangi keausan pada kopling
7.
Sebuah
mesin baru yang kuat dengan torsi tinggi pada putaran rendah dan hemat pada
bahan bakar
8.
Penggunaan
Fully-adjustable steering wheel untuk meingkatkan kenyamanan pengemudi, memberikan
serasa seperti mobil
ENGINE
13 liter DC13 108 EURO 3
4-stroke 6-silinder in-line, 4-katup per silinder, turbo-dibebankan,
Intercooler, Scania PDE injeksi (terpisah elektromagnetik
dikontrol Unit injector) dan udara bersih.
13 liter DC13 108 EURO 3
4-stroke 6-silinder in-line, 4-katup per silinder, turbo-dibebankan,
Intercooler, Scania PDE injeksi (terpisah elektromagnetik
dikontrol Unit injector) dan udara bersih.
maksimum output
265 kW (360 hp) @ 1900 r / min
Torsi Maksimum
1750 Nm @ 1.000 - 1.350 r / min
Dilengkapi dengan:
Cruise Control
Kecepatan Limiter
Mesin sentrifugal minyak bersih
265 kW (360 hp) @ 1900 r / min
Torsi Maksimum
1750 Nm @ 1.000 - 1.350 r / min
Dilengkapi dengan:
Cruise Control
Kecepatan Limiter
Mesin sentrifugal minyak bersih
GEARBOX
GR875R, 8-speed Scania Opticruise dengan kick-
gearbox.
GR875R, 8-speed Scania Opticruise dengan kick-
gearbox.
RETARDER
Scania Retarder - otomatis dan kontrol manual.
Scania Retarder - otomatis dan kontrol manual.
CENTRAL GEAR
R660, gigi rasio 2,73.
COOLING SISTEM
R660, gigi rasio 2,73.
COOLING SISTEM
Hidrolik didorong, temperatur - diatur kipas
pendingin pada suhu 80 ° C.
FUEL SYSTEM
310 liter tangki polyethylene, bahan bakar chassis saringandipasang dengan air
pemisah.
310 liter tangki polyethylene, bahan bakar chassis saringandipasang dengan air
pemisah.
Rem dan KESELAMATAN
Rem cakram pada as roda depan dan belakang, rem udarapenuh dengan independen
sirkuit, untuk sirkuit depan, belakang & parkir, denganmengikuti sebagai standar:
- Dikontrol secara elektronik Anti-lock Braking System (EBS)
- Traction Control (TC)
- Interlock katup dengan rem parkir
- Asbes bebas lapisan
- Bukit-hold function
Rem cakram pada as roda depan dan belakang, rem udarapenuh dengan independen
sirkuit, untuk sirkuit depan, belakang & parkir, denganmengikuti sebagai standar:
- Dikontrol secara elektronik Anti-lock Braking System (EBS)
- Traction Control (TC)
- Interlock katup dengan rem parkir
- Asbes bebas lapisan
- Bukit-hold function
AIR DRYER
Kapasitas tinggi pengering udara dengan kontrol kompresorcerdas dan minyak
pemisah.
Kapasitas tinggi pengering udara dengan kontrol kompresorcerdas dan minyak
pemisah.
SUSPENSI
Depan (2) dan belakang (4) udara bellow dengan peredam kejut tugas berat. anti-
menggulung bar pada kedua as roda.
Depan (2) dan belakang (4) udara bellow dengan peredam kejut tugas berat. anti-
menggulung bar pada kedua as roda.
STEERING
Hydraulic didukung. Kemudi sepenuhnya disesuaikan rodakolom, dengan udara
didukung mekanisme penguncian. Drive tangan kanan.
Hydraulic didukung. Kemudi sepenuhnya disesuaikan rodakolom, dengan udara
didukung mekanisme penguncian. Drive tangan kanan.
KEBAKARAN ALARM SENSOR
3 (tiga) sensor alarm kebakaran terletak di kompartemen mesin.
3 (tiga) sensor alarm kebakaran terletak di kompartemen mesin.
LISTRIK SISTEM
Alternator: tugas berat 150A 150A +
Master Switch: Terletak di baterai
Baterai: 2x 220 Ah kapasitas (Maintenance Free)
Alternator: tugas berat 150A 150A +
Master Switch: Terletak di baterai
Baterai: 2x 220 Ah kapasitas (Maintenance Free)
INSTRUMENT GAUGES
Speedometer km / h, r / min meter; tekanan udara, bahan bakar, suhu;
LCD multi-display panel, mulai tombol fungsi individu denganberhenti mesin
permintaan kembali, otomatis pada tingkat indikator arahdengan tombol untuk
kaca depan mencuci.
Speedometer km / h, r / min meter; tekanan udara, bahan bakar, suhu;
LCD multi-display panel, mulai tombol fungsi individu denganberhenti mesin
permintaan kembali, otomatis pada tingkat indikator arahdengan tombol untuk
kaca depan mencuci.
BAN DAN RIMS
295/80 R22.5 ban tubeless pada 9.00x22.5 rims di depan danbelakang dengan
cadang, percikan penjaga, depan dan belakang penutup hub.
295/80 R22.5 ban tubeless pada 9.00x22.5 rims di depan danbelakang dengan
cadang, percikan penjaga, depan dan belakang penutup hub.
LAIN-LAIN
AC braket pada chassis dengan tensioner dan pulleytambahan untuk
AC kompresor drive.
AC braket pada chassis dengan tensioner dan pulleytambahan untuk
AC kompresor drive.
UMUM
Beban gandar depan (Max): 7.500 kg
Poros belakang beban (Max): 12.000 kg
Kendaraan Berat kotor: 19.500 kg
DIMENSIBeban gandar depan (Max): 7.500 kg
Poros belakang beban (Max): 12.000 kg
Kendaraan Berat kotor: 19.500 kg
Poros jarak (A): 6.000 mm (variabel)
Overhang depan (I): 2.500 mm
Rear overhang (J): 3.290 mm
Chassis Panjang: 11.790 mm (variabel)
Chassis Lebar: 2.500 mm
mesin MERCEDES - BENZ
ags: 12000 CC, 360 Hp, Bus, Bus Indonesia, Bus Mewah, bus terbaru, Executive, indonesia, Jerman, K360, K360-IB, Mercedes, OH 1836, Scania, Swedia
trackback
Walaupun rasanya agak telat, namun
penulis rasa masih sangat menarik untuk dibahas… kini bus – bus kelas
intercity/coach semakin menonjolkan sisi power sebagai pemuas keinginan
para konsumen. Karena jujur saja… era telah bergeser.. dahulu bus hanya
dianggap sebagai moda transport yang mampu mengangkut penumpang dalam
jumlah banyak, bahkan pabrikan dengan ala kadarnya membuat bus
bermodalkan chassis truk. Bisa dibayangkan bukan?😀 , ok masuk ke pokok
bahasan.. medium-high power bus yang kebetulan memiliki spesifikasi yang
“mirip – mirip” Scania K360 IB vs Mercedes Benz 1836
Mercedes-Benz OH 1836 Punya Putra Pelangi🙄
Tidak ada komentar:
Posting Komentar